Abstract:
RESTU NUGRAHA, NIM. 82342324011. Tesis ini berjudul: "Pengaruh
Implementasi E-government Dan Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepercayaan
Publik Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran".
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran memiliki peran krusial
dalam pengelolaan informasi dan sumber daya literasi serta kearsipan daerah. Permasalahan
yang teridentifikasi menunjukkan urgensi untuk melakukan penelitian lebih mendalam
mengenai pengaruh implementasi E-government dan kualitas layanan terhadap tingkat
kepercayaan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran.
Permasalahan mendasar terletak pada belum optimalnya pemanfaatan sistem layanan
berbasis digital oleh masyarakat, yang mengindikasikan bahwa implementasi E-government
belum sepenuhnya menjawab kebutuhan publik dalam hal kemudahan, kecepatan, dan
kejelasan informasi. Selain itu, ditemukan juga adanya keterbatasan akses teknologi dan
kurangnya sosialisasi mengenai E-government yang menyebabkan masyarakat masih
memilih datang langsung ke kantor dan merasa kesulitan dalam mengakses layanan secara
daring. Masalah kualitas layanan juga teridentifikasi dari keluhan terkait kecepatan respons
dan kualitas informasi yang tersedia.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah
teknik survei. Metode deskriptif analisis digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis
fenomena atau kondisi yang terjadi. Teknik analisis data terdiri dari analisis koefisien
korelasi, koefisien determinasi, uji t, regresi linier ganda, analisis koefisien korelasi ganda,
dan uji F.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi E-government pada
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran termasuk dalam kategori sangat
baik, dengan rata-rata kumulatif sebesar 434,25. Kualitas layanan pada Dinas Perpustakaan
dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran termasuk dalam kategori sangat baik, dengan ratarata
keseluruhan sebesar 434,90. Begitu pula tingkat kepercayaan publik pada Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran termasuk dalam kategori sangat baik,
dengan rata-rata keseluruhan sebesar 436,9.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disampaikan kesimpulan sebagai berikut:
1). Implementasi E-government di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Pangandaran telah berjalan dengan baik. 2). Kualitas layanan yang diberikan oleh Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran berada pada tingkat yang baik. 3).
Tingkat kepercayaan publik terhadap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Pangandaran tergolong tinggi. 4). Implementasi E-government dan kualitas layanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepercayaan publik di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran.