Abstract:
ABSTRAK
Latar Belakang : Cuci tangan merupakan tindakan pencegahan dan penanggulangan penyakit yang menjadi program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Kebiasaan cuci tangan penting untuk diajarkan sejak dini karena anak-anak merupakan calon-calon agen perubahan untuk lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya perilaku cuci tangan adalah pengetahuan. Oleh karena itu,
Tujuan Penelitian: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan tingkat pengetahuan dengan tindakan cuci tangan yang benar pada siswa di SDN 1 Muktisari Cipaku.
Metode Penelitian :Penelitian merupakan penelitian deskriptif korelasi karena menjelaskan hubungan antara dua variabel dengan Cross Sectional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan tindakan cuci tangan yang benar pada siswa di SDN 1 Muktisari Cipaku. Populasi dari penelitian adalah seluruh seluruh siswa/siswi di SDN 1 Muktisari Kecamatan Cipaku. Sampel yang di gunakan berjumlah 40 orang. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan kuesioner dan lembar checlis. Uji statistik dengan menggunakan korelasi product moment.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan tindakan cuci tangan yang benar di SDN 1 Muktisari Cipaku Kabupaten Cimis Tahun 2020 karena nilai α > ρ value (0,05 > 0,000).
Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan tindakan cuci tangan yang benar di SDN 1 Muktisari Cipaku Dimana semakin tinggi tingkat pengetahuan siswa tentang cuci tangan yang benar maka semakin baik tindakan cuci tanganya.
Description:
Saran
1. Bagi Institusi pendidikan
Dapat memberikan manfaat bagi lembaga pendidikan terutama menambah referensi dan bahan bacaan bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh.
2. Bagi SDN 1 Muktisari
Mengingat adanya hubungan tingkat pengetahuan dengan tindakan cuci tangan yang benar, hendaknya kepada Institusi sekolah dasar untuk meningkatkan informasi dengan melakukan penyuluhan tentang pentingnya cuci tangan tujuh langkah dengan baik dan benar sebagai salah satu tindakan pencegahan penyakit. Selain itu memberikan vasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) di sekolah dengan air yang mengalir, dan memberikan informasi tentang cuci tangan pakai sabun secara rutin kepada siswa sehingga siswa memahami dan mengetahui pentingnya cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari kuman penyakit dan siswa terbiasa melakukan praktik tujuh langkah cuci tangan pakai sabun.
3. Bagi Siswa
Agar lebih memperhatikan cara hidup sehat dengan tindakan pencegahan yaitu cuci tangan tujuh langkah pakai sabun (CTPS), agar dapat mencegah berbagai penyakit yang salah satunya adalah diare. Cobalah untuk membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar.
4. Bagi Peneliti selanjutnya
Bagi penelitian lebih lanjut sebagai acuan atau perbandingan untuk melakukan penelitian terhadap responden lain dan meyakinkan responden agar dapat mengisi kuesioner dengan baik dan tidak perlu takut karena hasil kuesioner tidak mempengaruhi apapun yang berkaitan dengan kehidupan responden. Penelitian lebih lanjut agar supaya mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang lebih lengkap dan menggunakan metode penelitian lain dan pengembangan penelitian ke arah yang lebih mendalam.