Abstract:
Peneli�an ini dilatarbelakangi oleh belum op�malnya peran kepala sekolah dalam
meningkatkan prestasi akademik siswa (OSN) di SMAN 2 Kota Tasikmalaya khususnya
dalam aspek hubungan kepala sekolah dengan warga sekolah. Peneli�an ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan sekolah sebagai inovator dalam
meningkatkan prestasi akademik siswa khususnya OSN. Pendekatan yang digunakan
adalah metode deskrip�f kualita�f, dengan pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informan peneli�an terdiri dari kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, perwakilan guru, pengawas komite, dan perwakilan siswa. Data yang
terkumpul dianalisis secara deskrip�f melalui alur reduksi data, penyajian data, dan
penarikan simpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.
Aspek yang diteli� melipu� peran kepala sekolah sebagai inova�f dalam asepek mencari
gagasan baru, mengintegrasikan seluruh kegiatan, menjalin hubungan baik dengan
seluruh warga sekolah, menjadi teladan bagi warga sekolah dan mengembangkan model
pembelajaran inova�f. Hasil peneli�an menunjukkan Peran kepala sekolah sebagai
inovator di SMAN 2 Tasikmalaya secara umum sudah terlaksana dengan baik dalam
berbagai aspek, namun masih terdapat ruang untuk op�malisasi, terutama dalam konteks
peningkatan prestasi OSN Tingkat Kotamadya. Simpulan dari peneli�an ini adalah Peran
kepala sekolah sebagai inovator sangat berperan pen�ng dalam meningkatkan prestasi
akademik siswa, namun dalam mencapai op�malisasi prestasi OSN Tingkat Kotamadya
masih memerlukan fokus dan strategi yang lebih terarah.