Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi karena sangat pentingnya Manajemen kinerja guru
Pasca Sertifikasi di sekolah. Hal ini menunjukan bahwa seorang guru harus
menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik, maka manajemen
peningkatan kinerja guru Pasca sertifikasi harus dibangun dengan profesional
melalui penguasaan kompetensi yang secara nyata dan ditunjang oleh fasilitas yang
memadai serta diperlakukan dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga pencapaian
prestasi peserta didik aka semakin meningkat. Metode penelitian yang digunakan
dalam penyusunan tesis ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukan bahwa : berdasarkan hasil penelitian melalui kegiatan
wawancara diketahui kinerja guru sertifikasi dalam meningkatkan prestasi peserta
didik dapat dikatakan belum optimal dalam pengembangan potensi diri, pengelolaan
pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil peserta didik. Penggunaan sarana prasarana sudah memadai namun belum optimal, profesionalisme guru sertifikasi
yang belum optimal serta minimnya kegiatan pelatihan-pelatihan dan seminar yang
berkaitan dengan peningkatan kemampuan bekerja guru sertifikasi. Upaya yang
dilakukan dalam mengatasi kendala yang ditemukan dalam peningkatan kinerja guru
sertifikasi dalam pencapaian prestasi peserta didik adalah secara umum melalui
pelatihan-pelatihan serta aktif dalam organisasi seperti MGMP dan kombel. Guru
sertifikasi melakukan berbagai hubungan kerja sama dengan pihak luar yang
menguntungkan untuk mencapai peningkatan kinerja guru pasca sertifikasi di
SMAN 3 Ciamis dalam mencapai prestasi peserta didik. Sementara, upaya yang
dilakukan untuk optimalkan sarana prasarana yang ada adalah dengan berkolaborasi
antar guru dalam memanfaatkan sarana prasarana yang ada dan mencari alternatif
sederhana.