Unigal Repository

Peran Kepemimpinan Transformasi Kepala Sekolah dalam Mendorong Kreativitas Guru

Show simple item record

dc.contributor.author Sari Komala, Nila
dc.date.accessioned 2025-09-17T09:15:42Z
dc.date.available 2025-09-17T09:15:42Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7934
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional yang mampu menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pengembangan kreativitas guru. Kreativitas guru menjadi faktor kunci dalam menciptakan proses pembelajaran yang inovatif, bermakna, dan relevan dengan tuntutan abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mendorong kreativitas guru, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam mengimplementasikan program pengembangan kreativitas guru, dan 3) Strategi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dan meningkatkan efektivitas program pengembangan kreativitas guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, pengawas sekolah, dan komite sekolah. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah efektif dalam mendorong kreativitas guru melalui pendekatan karismatik, inspiratif, stimulatif intelektual, dan perhatian individual, 2) Hambatan yang dihadapi antara lain beban administratif, resistensi sebagian guru, keterbatasan sarana, dan minimnya pelatihan inovatif, 3) Strategi kepala sekolah meliputi pendelegasian tugas administratif, pembentukan komunitas belajar guru, pendekatan personal, dan kolaborasi dengan pihak eksternal. Temuan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional yang kuat dapat membentuk ekosistem sekolah yang kreatif, inklusif, dan berkelanjutan en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Yat Rospia Brata, M.Si Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Kreativitas Guru. en_US
dc.title Peran Kepemimpinan Transformasi Kepala Sekolah dalam Mendorong Kreativitas Guru en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account