Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin
transformasional yang mampu menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pengembangan
kreativitas guru. Kreativitas guru menjadi faktor kunci dalam menciptakan proses pembelajaran yang
inovatif, bermakna, dan relevan dengan tuntutan abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam
mendorong kreativitas guru, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam
mengimplementasikan program pengembangan kreativitas guru, dan 3) Strategi kepala sekolah dalam
mengatasi hambatan dan meningkatkan efektivitas program pengembangan kreativitas guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, pengawas sekolah, dan komite sekolah.
Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah efektif dalam
mendorong kreativitas guru melalui pendekatan karismatik, inspiratif, stimulatif intelektual, dan
perhatian individual, 2) Hambatan yang dihadapi antara lain beban administratif, resistensi sebagian
guru, keterbatasan sarana, dan minimnya pelatihan inovatif, 3) Strategi kepala sekolah meliputi
pendelegasian tugas administratif, pembentukan komunitas belajar guru, pendekatan personal, dan
kolaborasi dengan pihak eksternal. Temuan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional
yang kuat dapat membentuk ekosistem sekolah yang kreatif, inklusif, dan berkelanjutan