Unigal Repository

IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Show simple item record

dc.contributor.author Noviani, Oon
dc.date.accessioned 2025-09-17T08:56:20Z
dc.date.available 2025-09-17T08:56:20Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7933
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena di lapangan yang menunjukkan adanya variasi dalam tingkat kinerja guru yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk gaya kepemimpinan Kepala Sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Cisayong, serta mengidentifikasi hambatan dan strategi yang dilakukan dalam pelaksanaannya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan guru, serta studi dokumentasi (termasuk rapor pendidikan dan data internal sekolah). Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMAN 1 Cisayong telah mengimplementasikan kepemimpinan transformasional secara efektif melalui pengaruh ideal (keteladanan), motivasi inspiratif (pengarahan visi dan nilai inti "IKHLAS"), stimulasi intelektual (mendorong inovasi dan pemecahan masalah), dan pertimbangan individual (perhatian personal serta fasilitasi pengembangan potensi guru). Implementasi ini berkorelasi positif dengan peningkatan kinerja guru, terlihat dari disiplin kehadiran, cakupan supervisi 100% dengan hasil baik/sangat baik, serta peningkatan signifikan pada berbagai indikator kualitas layanan guru di rapor pendidikan. Terdapat hambatan seperti rendahnya kesadaran orang tua terhadap pendidikan tinggi, adaptasi guru senior terhadap inovasi IT, pemerataan kualitas dalam penerapan model pembelajaran baru, penurunan indikator dukungan psikologis, serta kendala tumpang tindih jadwal dan program insidental. Strategi mitigasi yang diterapkan meliputi edukasi orang tua yang intensif, IHT berbasis kebutuhan, pendekatan personal untuk dukungan psikologis, dan manajemen jadwal yang adaptif melalui rapat koordinasi serta pemanfaatan anggaran fleksibel. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Enas, SE, MM. Pembimbing II Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru. en_US
dc.title IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account