Unigal Repository

Pengaruh Faktor Psikologis Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen Produk Fashion E-Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Nurnira Sri Kuntari, Monica
dc.date.accessioned 2025-09-17T07:40:07Z
dc.date.available 2025-09-17T07:40:07Z
dc.date.issued 2025-09-17
dc.identifier.issn 3402210351
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7906
dc.description.abstract Monica Nurnira Sri Kuntari, NIM 3402210351. “Pengaruh Faktor Psikologis dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Fashion E-Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap)”. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M. (Pembimbing l) dan Ibu Rinsa Kartika, S.E., M.M. (Pembimbing ll). Penelitian ini difokuskan pada pengaruh faktor psikologis dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian pda konsumen produk fashion e commerce Shopee di Desa Panulisan Timur. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1] Bagaimana pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian produk fashion E-commerce Shopee di Desa Panulisan Timur?; 2] Bagaimana pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion E-commerce Shopee di Desa Panulisan Timur?; 3] Sejauh mana pengaruh faktor psikologis dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion E-commerce Shopee di Desa Panulisan Timur? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1] Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian produk fashion pada E Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur; 2] Pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion pada E-Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur; 3] Pengaruh faktor psikologis dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion pada E-Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi berganda, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1] faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Dengan besarnya pengaruh 42,00%, sisanya 58,00% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 2] Karakteristik konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Dengan besarnya pengaruh 34,40%, sisanya 65,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 3] Secara simultan, faktor psikologis dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian karena hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Dengan besarnya pengaruh 48,10%, sedangkan sisanya sebesar 51,90% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan Shopee dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dengan memperhatikan aspek psikologis dan karakteristik konsumen untuk meningkatkan keputusan pembelian. en_US
dc.description.sponsorship Mulyatini, Nurdiana Kartika, Risna en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi en_US
dc.subject Faktor Psikologis en_US
dc.subject Karakteristik Konsumen en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title Pengaruh Faktor Psikologis Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen Produk Fashion E-Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account