Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah di kelas XI ips 6 SMAN 1 Sindangkasih dengan mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan Iwa Kusumasumantri dalam pembelajaran. Iwa kusumasumantri merupakan tokoh pahlawan pergerakan nasional yang lahir di Ciamis, Jawa Barat, dan dikenal sebagai pejuang kemerdekaan, politisi, serta intelektual yang berperan dalam pembangunan bangsa. Nilai-nilai kepahlawanan yang dibahas mencakup peduli sosial, cinta tanah air, disiplin, jujur, gemar membaca, kreatif, dan rasa ingin tahu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumberb data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai kepahlawanan Iwa Kusumasumantri dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) memberikan dampak positif terhadap siswa. Sehingga siswa menjadi lebih peduli sosial dalam interaksi diskusi, disiplin seperti siswa datang tepat waktu, jujur dalam bekerjasama, gemar membaca untuk mengumpulkan informasi atau data yang dibutuhkan, kreatif dalam mengembangkan hasil karyanya, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Dengan mengimplementasikan nilai- nilai kepahlawanan Iwa Kusumasumantri sebagai tokoh lokal juga dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa.