Unigal Repository

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Show simple item record

dc.contributor.author Ajid, Agus
dc.date.accessioned 2025-09-17T04:09:35Z
dc.date.available 2025-09-17T04:09:35Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7879
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi dalam praktek implementasi supervisi akademik sering menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan jumlah pengawas, kurangnya pemahaman kepala sekolah mengenai manfaat supervisi, serta minimnya tindak lanjut dari hasil supervisi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik, evaluasi pelaksanaan supervisi akademik, dan kendala pengawas dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus 3 Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, desain penelitian studi kasus yang difokuskan pada kinerja kepala sekolah. Subjek penelitian meliputi pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru kelas di Sekolah Dasar Negeri Gugus 3 Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Pengumpulan data utamanya dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, verifikasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan supervisi akademik meliputi beberapa tahap yakni a) tahap perencanaan awal; menyusun program supervisi akademik, menyusun instrument penilaian supervisi akademik, menyusun jadwal supervisi, dan melakukan sosialisasi pelaksanaan supervisi akademik, b) Tahap pelaksanaan observasi; Pengawas melakukan observasi ke sekolah dengan membawa instrumen yang telah disiapkan, c) tahap evaluasi supervisi akademik; (2) hasil evaluasi supervisi akademik melalui kegiatan pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah diperoleh hasil mayoritas kepala sekolah sudah melampaui kriteria nilai standar yang di tentukan. Dari hasil tersebut kepala sekolah yang sudah melampaui kriteria tergolong kategori aman. Akan tetapi tidak memungkiri ada beberapa kepala sekolah yang membutuhkan bimbingan sehingga diprogramkan melaksanakan kegiatan kepala sekolah belajar secara khusus seperti diikutkan pelatihan, workshop, atau pun studi banding. Hal ini guna meningkatkan kualitas kinerja kepala sekolah agar mampu mengupgrade kemampuan diri; (3) Kendala yangdihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik antara lain; penyingkronan jadwal masing-masing kepala sekolah yang berbeda yang harus di hubungkan jadwal pengawas terkadang ada acara mendesak, evaluasi dan follow up daripelaksanaan supervisi membutuhkan waktu yang berkelajutan, masih ada kepala sekolah yangkurang kreatif dan berpikiran terbuka dalam meningkatkan kinerjanya, dan teknik supervisi akademik, lebih memperhatikan pada aspek psikologis kepala sekolah en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Kusnandi, Drs, MM., M.Pd. Pembmbing II Dr. Maman Herman, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Supervisi akademik, Kinerja Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah en_US
dc.title IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account