Abstract:
ABSTRAK
Ayu Yuniarti, NIM 3402210454. Pengaruh Visual Merchandising dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying (Suatu Studi pada Konsumen Toserba Pajajaran Kota Banjar. Dibawah bimbingan Dr. H. Yusup Iskandar, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Marlina Nur Lestari, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Visual Merchandising dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Kota Banjar; 2) Bagaimana pengaruh sales promotion terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Kota Banjar; 3) Bagaimana pengaruh visual merchandising dan sales promotion terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Kota Banjar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Kota Banjar; 2) Pengaruh sales promotion terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Kota Banjar; 3) Pengaruh visual merchandising dan sales promotion terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Kota Banjar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, uji t, analisis koefisien korelasi berganda, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi dan uji f.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa visual merchandising berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dengan pengaruh sebesar 34,1% dan sisanya 65,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun dengan korelasi sebesar 0,584 yang memiliki tingkat hubungan yang sedang. Selanjutnya sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dengan pengaruh sebesar 46,4% dan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun dengan korelasi sebesar 0,681 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat. Selanjutnya visual merchandising dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dengan pengaruh sebesar 58,3% dan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun dengan korelasi sebesar 0,764 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat. Selain itu diperoleh hasil uji f yaitu 65,130 > 3,09. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya.
Kata kunci: Visual Merchandising, Sales Promotion dan Impulse Buying