Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kajian fungsi kepemimpinan kepala sekolah
dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Dimana motivasi kerja guru, merupakan
aspek penting dalam pencapaian mutu pendidikan. Oleh karena itu, dipandang
rasional dalam meningkatkan motivasi kerja guru, dibutuhkan fungsi kepemimpinan
kepala sekolah sebagai motivator. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan
mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi fungsi kepemimpinan kepala sekolah
sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi kerja guru di SD Negeri 1, 2, dan 3
Sindangjaya; 2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai motivator dalam
meningkatkan motivasi kerja guru; 3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai
motivator untuk meningkatkan motivasi kerja guru. Metode penelitian yang
digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi
dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah dan guru.
Teknis analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi
kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam fungsinya sebagai pendorong,
pengarah dan penggerak telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat
meningkatkan motivasi kerja; 2) Terdapat hambatan yang dihadapi dalam
melaksanakan fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam
meningkatkan motivasi kerja guru; 3) Terdapat upaya untuk mengatasi hambatan
fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan
motivasi kerja guru.