Abstract:
Ari Angga Rianto. 2025. Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia dalam
Meningkatkan Mutu Pelayanan di UPTD Puskesmas Cigayam Banjaranyar
Kabupaten Ciamis. Di bawah bimbingan Dr. H. Enas, SE., MM. Selaku
pembimbing I dan Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M. Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh manajemen sumber daya manusia belum
optimal dalam meningkatkan mutu pelayanan di UPTD Puskesmas Cigayam
Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui
dan menganalisis : 1) manajemen sumber daya manusia di UPTD Puskesmas
Cigayam Banjaranyar Kabupaten Ciamis; 2) mutu pelayanan kesehatan di UPTD
Puskesmas Cigayam Banjaranyar Kabupaten Ciamis, 3) Analisis manajemen
sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan di UPTD Puskesmas
Cigayam Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Dalam penelitian ini akan digunakan
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan
sebanyak 9 orang informan yang terdiri dari Kepala Bidang Sumber Daya
Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Kepala Sub Bagian Tata
Usaha (TU) UPTD Puskesmas Cigayam Kabupaten Ciamis, 5 orang Pegawai
kesehatan di UPTD Puskesmas Cigayam dan 2 orang Perwakilan masyarakat.
Teknik pengumpulan data diakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan
dengan cara wawancara, observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan
terhadap data yang terkumpul yang dilakukan dengan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Manajemen sumber daya manusia di
UPTD Puskesmas Cigayam Banjaranyar Kabupaten Ciamis, khususnya dalam
aspek perencanaan, pengadaan, dan pendayagunaan pegawai, telah dilaksanakan
walaupun belum optimal. 2). Mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Cigayam
secara umum telah berjalan cukup baik. Dalam aspek ketersediaan fasilitas,
puskesmas telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana dasar yang dibutuhkan
dalam pelayanan kesehatan, seperti ruang pemeriksaan, obat-obatan, dan alat
kesehatan standar. 3). Manajemen SDM di UPTD Puskesmas Cigayam
berkontribusi langsung terhadap mutu pelayanan kesehatan. Perencanaan yang
tepat, pengadaan yang sesuai, serta pendayagunaan dan pengembangan yang
maksimal menjadi kunci utama untuk mencapai mutu pelayanan yang optimal.
Oleh karena itu, perlu dilakukan penguatan manajemen SDM secara menyeluruh
agar pelayanan di Puskesmas dapat lebih responsif, efisien, dan berorientasi pada
kebutuhan masyarakat.