Unigal Repository

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMPN 3 SELAAWI KABUPATEN GARUT,

Show simple item record

dc.contributor.author Rodiah, Enden
dc.date.accessioned 2025-09-16T07:46:04Z
dc.date.available 2025-09-16T07:46:04Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7841
dc.description.abstract Tesis ini berjudul PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMPN 3 SELAAWI KABUPATEN GARUT, ENDEN RODIAH, NIM: 82322324041 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja guru di Sekolah belum optimal dalam menjalankan peran dan fungsinya pada proses pembelajaran di kelas, kinerja guru dapat terlihat pada kegiatannya merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang intensitasnya dilandasi oleh sikap moral dan profesional seorang guru. Dan salah satu faktor kunci keberhasilannya dari peran kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai leader dalam upaya meningkatkan kinerja guru tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Selaawi Garut. 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Selaawi Garut. 3) Upaya–upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Selaawi Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Pengawas, Kepala Sekolah SMPN 3 Selaawi Garut, Wakasek Kurikulum, Guru Kelas VIII. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Selaawi Garut sudah baik ditunjukkan dengan kinerjanya membuat program kerja yang sesuai dengan visi, misi serta tujuan Sekolah, melaksanakan program pengembangan sekolah, dan mengevaluasi hasil pelaksanaannya. Kepala Sekolah juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas untuk mengelola sekolah, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan memotivasi tenaga pendidik Setiap aspek tersebut diiringi dengan kepribadian yang baik, kejujuran, disiplin dan bertanggungjawab, keahlian dasar yang memadai, memiliki pengalaman dan pengetahuan professional yang sudah cukup baik, pengambilan keputusan dan komunikasi yang baik. Hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Selaawi Garut berasal dari faktor internal dan eksternal. Hambatan internal dari kurangnya motivasi dan disiplin guru, dan Kepala Sekolah dalam mengelola perbedaan kemampuan, sikap, dan perilaku guru. Hambatan eksternal seperti fasilitas sekolah yang belum memadai, dan keterbatasan anggaran yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan terkait pengadaan fasilitas, peralatan, atau kegiatan sekolah lainnya. Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Selaawi Garut yaitu : 1) Kepala Sekolah hendaknya dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, memberikan penghargaan dan sanksi (reward dan punishment), mendorong guru untuk terus berkembang, serta melakukan pembinaan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman guru tentang pentingnya disiplin dan motivasi dalam menjalankan tugasnya. 2) Hendaknya Kepala Sekolah sebagai leader harus mampu menjadi pemimpin yang inklusif, adil, dan menghargai perbedaan, membangun hubungan yang baik dengan guru, dan melakukan supervisi dan evaluasi secara berkala, 3) Menghadapi keterbatasan fasilitas di sekolah, harus ada koordinasi antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat, serta pengelolaan dana dan sumber daya secara efektif. Selain itu, peran penting guru dalam memaksimalkan kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran jelas sangat dibutuhkan. Guru dituntut menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif dan pandai memanfaatkan sumber daya yang ada. 4) Meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan, serta dengan menjalin hubungan baik dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk mendapatkan dukungan anggaran dan kebijakan yang mendukung pendidikan. Seperti melalui program-program bantuan dana untuk pembangunan sekolah, hingga penyediaan infrastruktur sekolah en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Enas, SE., MM. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Kepemimpinan, Kepala Sekolah Sebagai Leader, Kinerja Guru en_US
dc.title PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMPN 3 SELAAWI KABUPATEN GARUT, en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account