Unigal Repository

MANAJEMEN MUTU PEMBINAAN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Denih, Encep
dc.date.accessioned 2025-09-16T07:27:13Z
dc.date.available 2025-09-16T07:27:13Z
dc.date.issued 2025-08-23
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7828
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul MANAJEMEN MUTU PEMBINAAN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus di MTs Al-Furqon Tasikmalaya), Encep Denih, NIM 82322324010. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembentukan karakter peserta didik merupakan salah satu tujuan penting dalam dunia pendidikan, sekolah berbasis boarding school memiliki keunggulan dalam peningkatan karakter peserta didik karena dapat memberikan pembinaan secara intensif dan menyeluruh selama 24 jam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen mutu pembinaan boarding school dalam meningkatkan karakter peserta didik, hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru sekolah, guru asrama, dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pembinaan boarding school di MTs Al-Furqon Tasikmalaya dilaksanakan secara sistematis dan berkelanjutan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut. Program pembinaan karakter dirancang secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan pembina asrama, dengan fokus pada penguatan nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan tenaga pengasuh, kurangnya sarana prasarana, serta ketidakmampuan sebagian peserta didik dalam beradaptasi dengan sistem boarding. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain adalah penambahan pengasuh, peningkatan pelatihan kompetensi guru, perbaikan fasilitas, serta pelaksanaan evaluasi internal secara berkala. Temuan ini menunjukkan bahwa manajemen mutu yang dijalankan secara sistematis dan konsisten dapat mendukung peningkatan karakter peserta didik di lingkungan boarding school. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Enas, SE.,MM. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Manajemen Mutu, Boarding School, Karakter Peserta Didik en_US
dc.title MANAJEMEN MUTU PEMBINAAN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account