Abstract:
Permasalahan yang dihadapi guru pendidikan jasmani saat-saat
ini dalam proses kegiatan belajar mengajar (PKBM) di tingkat sekolah
dasar (SD) dalam aspek afektif, kognitif dan psikomotor di dalam
individu pendidik, kepala sekolah dan peserta didik (siswa). Guru
penjas menjadi peranan yang sangat penting dalam pendidikan jasmani
bukan hanya menguasai praktek dilapangan saja akan tetapi harus
mampu memaksimalkan dalam memberikan ilmu sebelum masuk ke
lapangan. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui dan mengkaji dari :
a. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Prestasi Olahraga Peserta
Didik ; b. Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Jasmani terhadap Prestasi
Olahraga Peserta Didik ; c. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kinerja
Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Prestasi Olahraga Peserta Didik
yang berada di Wilayah Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.
Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh
guru pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang berada di
Wilayah Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya yang berjumlah 34
orang. Teknik pengeumpulan data dilakukan melalui penyebaran
kuesioner pada responden. Teknik analisis data dilakukan dengan
statistika melalui Korelasi, Determinasi dan Regresi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa : a. Budaya Organisasi tidak berpengaruh terhadap
Prestasi Olahraga Peserta Didik ; b. Kinerja Guru Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi berpengaruh signifikan dan memberi
kontribusi baik terhadap Prestasi Olahraga Peserta Didik ; c. Budaya
Organisasi tidak berpengaruh terhadap Prestasi Olahraga Peserta didik
dan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani berpengaruh signifikan terhadap
Prestasi Olahraga Peserta Didik yang berada di Wilayah Kecamatan
Bungursari Kota Tasikmalaya. Faktor ini menentukan baik dan
tidaknya terhadap Prestasi Olahraga Peserta Didik, apabila Budaya
Organisasi dan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
vii
Rekreasi baik maka Prestasi Olahraga Peserta Didik akan meningkat
semakin baik.