dc.contributor.author |
Nuraeni, Nuri |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-15T08:57:09Z |
|
dc.date.available |
2025-09-15T08:57:09Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-26 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7797 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kinerja mengajar guru dalam
menerapkan pembelajaran berdeferensiasi sehingga belum optimal dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Optimalisasi kinerja
mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran berdeferensiasi
untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN 1 dan SDN 2
Tanjungsari, 2) Optimalisasi kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek
pelaksanaan pembelajaran berdeferensiasi untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta didik di SDN 1 dan SDN 2 Tanjungsari, 3) Optimalisasi kinerja
mengajar guru ditinjau dari aspek evaluasi pembelajaran berdeferensiasi untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN 1 dan SDN 2 Tanjungsari.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian
ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi
data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengambilan
keputusan (verification).Adapun informan dalam penelitian ini adalah
Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru di SDN 1 dan SDN 2 Tanjungsari
Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis sebanyak 7 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Optimalisasi kinerja mengajar guru
dalam perencanaan pembelajaran berdiferensiasi oleh kedua sekolah yaitu di
SDN 1 dan SDN 2 Tanjungsari diawali dengan tahap perencanaan yang
komprehensif. Sekolah mempersiapkan guru dengan mengadakan berbagai
workshop dan belajar mandiri lainnya untuk guru mengembangakan
kompetensinya terkait pembelajaran berdiferensiasi. Adapun strategi
perencanaan pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan guru diawali dengan
pemetaan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnostik. 2) Optimalisasi
kinerja mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi
dilakukan oleh kedua sekolah yaitu di SDN 1 dan SDN 2 Tanjungsari dengan
memberikan dukungan dengan menyediakan berbagai sumber daya. 3)
Optimalisasi kinerja mengajar guru dalam evaluasi pembelajaran
berdiferensiasi dilakukan oleh kedua sekolah yaitu di SDN 1 dan SDN 2
Tanjungsari dengan memonitoring dan melakukan supervisi guna mencari tahu
sejauhmana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi telah dilakukan serta
menggunakan data tersebut sebagai evaluasi untuk perbaikan proses
pembelajaran di kelas. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing I Dr. H. Kusnandi, Drs., M.M. M.Pd.
Pembimbing II Dr. Maman Herman, M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Magister Administrasi Pendidikan, FKIP |
en_US |
dc.subject |
Optimalisasi, kinerja mengajar guru, motivasi belajar,Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi |
en_US |
dc.title |
Optimalisasi Kinerja Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |