dc.description.abstract |
Di Indonesia masalah lingkungan merupakan masalah yang cukup serius dan harus segera
diatasi. Pengelolaan lingkungan hidup merupakan upaya terpadu untuk melestarikan fungsi
lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan,
pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu program
adiwiyata di MTs. Negeri 8 Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi
dokumentasi dan triangulasi. Prosedur analisis data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data,
Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah,
Wakil Kepala Madrasah, Ketua Tim Adiwiyata, Wakil dari Dewan Guru dan Peserta Didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu
program adiwiyata telah berjalan cukup baik, dengan tingkat ketercapaian rata-rata 89%, strategi
tersebut meliputi: (1) perumusan strategi, (2) implementasi strategi (3) monitoring serta evaluasi.
Ketercapain aspek mutu program Adiwiyata mencapai 88,25%. Peningkatan mutu program
adiwiyata di MTs. N 8 Ciamis berpedoman pada empat aspek yaitu (1) kebijakan berwawasan
lingkungan, (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (3) kegiatan lingkungan berbasis
partisipatif, (4) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Hambatan yang dihadapi
berupa rendahnya kesadaran warga madrasah dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan,
terbatasnya fasilitas pendukung ramah lingkungan dan masih kurangnya pendanaan. Kepala
madrasah menindaklanjutinya melalui, penguatan budaya lingkungan, penambahan sarana
pendukung ramah lingkungan, menjalin kemitraan dengan alumni, komite dan pihak lainnya.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi kepala madrasah sangat menentukan dalam
meningkatkan mutu program Adiwiyata secara berkesinambungan dan berkelanjutan. |
en_US |