Unigal Repository

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Show simple item record

dc.contributor.author Prasetya
dc.date.accessioned 2025-09-15T07:45:08Z
dc.date.available 2025-09-15T07:45:08Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7789
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi di SMP Negeri 1 Jeruklegi Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap), Prasetya, NIM. 82322324061. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting sebagai pemimpin dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Agar sekolah dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efesien, maka kepala sekolah harus melaksanakan fungsi-fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemberian motivasi, pelaksanaan, pengorganisasian pengendalian, evaluasi dan inovasi. Kepala sekolah yang baik diharapkan akan membentuk pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru baik. Untuk meningkatkan kinerja guru memerlukan penanganan yang multidimensi yang salah satunya harus melakukan strategi peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai manager. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Jeruklegi; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, siswa, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Jeruklegi sudah terlaksana cukup optimal. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu kompleksitas tugas guru yang mencakup pengajaran, pembimbingan, penilaian, dan administrasi, dapat mempengaruhi pengorganisasian personalia sekolah karena mengurangi efektivitas guru dalam pembelajaran, yang kemudian dapat berdampak pada kualitas pendidikan. 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut: a) Keterbatasan anggaran sekolah yang dapat menghambat pelaksanaan program sekolah. b) Kompetensi kepala sekolah dalam manajemen belum optimal. c) Komunikasi dan koordinasi personalia sekolah yang kurang optimal. d) Perubahan kebijakan atau regulasi pendidikan yang seringkali cepat dapat menimbulkan tantangan dalam perencanaan dan pelaksanaan program peningkatan kinerja guru. 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut: a) Melakukan prioritisasi anggaran, mencari sumber pendanaan alternatif, dan mengoptimalkan dana BOS. b) Kepala sekolah mengikuti pengembangan profesional kepala sekolah dan kemauan untuk belajar serta berkolaborasi menjadi kunci keberhasilan. c) Kepala sekolah menetapkan saluran komunikasi yang jelas dan efektif. d) Personalia sekolah proaktif dalam memantau dan memahami kebijakan. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manager, Kinerja Guru en_US
dc.title PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account