Abstract:
Keisya Sabrina, NIM. 3402210282. “Pengaruh Layanan Pembayaran COD Terhadap Niat Beli Konsumen Berbelanja Online pada E Commerce Shopee (Studi Pada Warga Desa Kawali)”. Dibawah bimbingan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Roni Marsiana Suhendi, SE., MM. (Pembimbing II)
Perkembangan pesat teknologi digital telah mentransformasi secara fundamental perilaku berbelanja masyarakat dari transaksi konvensional menuju sistem pembayaran elektronik yang lebih modern dan efisien. Shopee berhasil mendominasi platform e-commerce di Indonesia dengan persentase market share sebesar 41,20% berdasarkan Top Brand Award 2024, jauh melampaui kompetitor lainnya. Namun demikian, hasil pra-survey yang dilakukan pada 30 responden di Kawali menunjukkan bahwa niat beli konsumen masih relatif rendah hanya mencapai 73,07% dan tingkat kepuasan terhadap layanan COD baru mencapai 68,89% dari target optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana pengaruh layanan pembayaran Cash on Delivery (COD) terhadap niat beli konsumen dalam berbelanja online di platform e-commerce Shopee, khususnya pada warga Desa Kawali. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan total populasi sebanyak 4.490 warga dan jumlah sampel sebanyak 97 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linier Sederhana, dan Pengujian Hipotesis menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kedua variabel dengan nilai koefisien korelasi r=0,588 yang termasuk dalam kategori hubungan yang sedang. Layanan pembayaran COD terbukti berkontribusi sebesar 34,6% dalam mempengaruhi niat beli konsumen, sementara sisanya sebesar 65,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sebaiknya agar pihak Shopee dapat meningkatkan kualitas koordinasi dengan para kurir untuk memperbaiki sistem pembayaran tunai.
.
Kata Kunci : Layanan COD, Niat Beli, dan E-Commerce