Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian (suatu studi pada mahasiswa manajemen angkatan 2021 pengguna platfrom e-commerce shopee fakultas ekonomi universitas galuh ciamis). Permasalahan yang dihadapi penelitian ini meliputi 1]. Bagaimana pengaruh customer review terhadap keputusan pembelian. 2]. Bagaiaman pengaruh customer rating terhadap keputusan pembelian. 3]. Bagaimana pengaruh customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1]. Pengaruh customer review terhadap keputusan pembelian. 2]. Pengaruh customer rating terhadap keputusan pemebelian. 3]. Pengaruh customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis deskripitf dan verifikatif meliputi Analisis Koefisien Korelasi Product Moment, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Bergandan, Analisis Koefisien Determinasi, dan menggunakan Signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian berdasarkan analisis koefisien korelasi, menunjukan bahwa: customer review berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,634 dan t hitung 6,562; customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian denga nilai 0,690 dan t hitung 7,627; customer review dan customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,701 dan f hitung 30,36. Dengan demikian, customer review melalui validasi ulasan dan menjaga kredibilitas customer akan mencerminkan kualitas produk, sehingga kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian dapat meningkat.
Kata Kunci: Customer Review, dan Customer Rating, Terhadap Keputusan Pembelian