Abstract:
Salah satu ukuran utama keberhasilan suatu perusahaan adalah kepuasan pelanggan yang merupakan salah satu indikator utama kualitas layanan yang diberikan. Perusahaan harus menyadari sejauh mana kualitas pelayanan dapat memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan jika ingin mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Dalam penelitian ini kualitas layanan diukur dengan dimensi utama yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden yang merupakan pelanggan dari Wirakha Studio. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan membuat rencana pelayanan yang lebih baik untuk mencapai kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Regresi Linear Berganda