Abstract:
ABSTRAK
Fadilla Maulidya. 3402200210. Pengaruh Country of Origin dan Brand
Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Skincare
Ms Glow Ciamis). Di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Yusup Iskandar, S.E.,
M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Marlina Nur Lestari, S.E., M.M. (Pembimbing
II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh country of origin dan brand ambassador
terhadap keputusan pembelian pada konsumen skincare Ms Glow Ciamis. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh country of
origin terhadap keputusan pembelian pada konsumen skincare Ms Glow Ciamis?; 2)
Bagaimana pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada
konsumen skincare Ms Glow Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh country of origin
dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada konsumen skincare Ms
Glow Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis:
1) Pengaruh country of origin terhadap keputusan pembelian pada konsumen
skincare Ms Glow Ciamis; 2) Pengaruh brand ambassador terhadap keputusan
pembelian pada konsumen skincare Ms Glow Ciamis; 3) Pengaruh country of origin
dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada skincare Ms Glow
Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey
dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
skincare Ms Glow Ciamis pada bulan Januari 2022 sampai dengan Desember 2022
yaitu sebanyak 14.364 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 99 orang. Dalam
penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi
kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Adapun hasil penelitian ini
adalah sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan country of origin
terhadap keputusan pembelian pada skincare Ms Glow Ciamis. Artinya jika country
of origin sudah baik, maka keputusan pembelian akan meningkat. 2) Terdapat
pengaruh positif dan signifikan brand ambassador terhadap keputusan pembelian
pada skincare Ms Glow Ciamis. Artinya jika brand ambassador sudah baik, maka
keputusan pembelian akan meningkat. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
country of origin dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada
skincare Ms Glow Ciamis. Artinya jika country of origin dan brand ambassador
sudah baik, maka keputusan pembelian akan meningkat.
Kata Kunci : Country of Origin, Brand Ambassador dan Keputusan Pembelian