Unigal Repository

IMPLEMENTASI BUDAYA KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi kasus di SDN 1 Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran)

Show simple item record

dc.contributor.author Alfin, Nurmillah
dc.date.accessioned 2025-09-12T10:57:16Z
dc.date.available 2025-09-12T10:57:16Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7699
dc.description.abstract Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan suatu bangsa. Kualitas pendidikan yang baik akan melahirkan generasi muda yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan global. Salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan adalah guru. Guru sebagai komponen utama dalam sistem pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi saja, tetapi juga sebagai pembimbing, motivator, dan teladan bagi peserta didik. Kinerja guru dan budaya kerja guru yang positif sangat penting untuk menciptakan kondisi belajar yang kondusif yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi budaya kerja guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN 1 Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Menurut Triguna (2004) “Budaya kerja adalah nilainilai yang menjadi kebiasaan dan mendarah daging dalam suatu kelompok kerja, yang tercermin dalam sikap, etos kerja, serta tindakan sehari-hari individu di lingkungan kerja”. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain deskrptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini dipilih karena fokus pada pengumpulan data verbal dan perilaku subjek penelitian serta analisis yang bersifat induktif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru. Teknik pengolahan data dilakukan secara reliabilitas, validitas dan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan 1) Reduksi data, 2) Sajian data, 3) Penarikan Simpulan/Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi budaya kerja guru ditinjau dari aspek sikap terhadap pekerjaan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik mencapai pada kategori baik, 2) Implementasi budaya kerja guru ditinjau dari aspek perilaku dalam bekerja dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik mencapai pada kategori bai,k 3) Implementasi budaya kerja guru ditinjau dari aspek disiplin kerja dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kategori cukup baik, dan 4) Strategi pengembangan budaya kerja guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kategori cukup baik. en_US
dc.subject implementasi, budaya kerja guru, motivasi belajar en_US
dc.title IMPLEMENTASI BUDAYA KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi kasus di SDN 1 Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account