dc.description.abstract |
Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan
suatu bangsa. Kualitas pendidikan yang baik akan melahirkan generasi muda
yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan global. Salah satu komponen
utama dalam sistem pendidikan adalah guru. Guru sebagai komponen utama
dalam sistem pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi saja,
tetapi juga sebagai pembimbing, motivator, dan teladan bagi peserta didik.
Kinerja guru dan budaya kerja guru yang positif sangat penting untuk
menciptakan kondisi belajar yang kondusif yang pada gilirannya dapat
meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui implementasi budaya kerja guru dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik di SDN 1 Karangpawitan Kecamatan Padaherang
Kabupaten Pangandaran. Menurut Triguna (2004) “Budaya kerja adalah nilainilai
yang
menjadi
kebiasaan
dan
mendarah
daging
dalam
suatu
kelompok
kerja,
yang
tercermin dalam sikap, etos kerja, serta tindakan sehari-hari individu di
lingkungan kerja”. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain
deskrptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini dipilih karena fokus pada
pengumpulan data verbal dan perilaku subjek penelitian serta analisis yang
bersifat induktif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari Pengawas, Kepala
Sekolah, dan Guru. Teknik pengolahan data dilakukan secara reliabilitas,
validitas dan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan 1)
Reduksi data, 2) Sajian data, 3) Penarikan Simpulan/Verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Implementasi budaya kerja guru ditinjau dari aspek
sikap terhadap pekerjaan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik
mencapai pada kategori baik, 2) Implementasi budaya kerja guru ditinjau dari
aspek perilaku dalam bekerja dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik
mencapai pada kategori bai,k 3) Implementasi budaya kerja guru ditinjau dari
aspek disiplin kerja dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada
kategori cukup baik, dan 4) Strategi pengembangan budaya kerja guru dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kategori cukup baik. |
en_US |