| dc.contributor.author | Laila Nur, Ani | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-12T09:39:16Z | |
| dc.date.available | 2025-09-12T09:39:16Z | |
| dc.date.issued | 2025-06-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7693 | |
| dc.description.abstract | Penelitian dilatarbelakangi oleh belum optimalnya peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator di SD Negeri Gugus 2 Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan kinerja guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Peran kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah dalam melaksanakan peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru. 3) Upaya-upaya yang dilakukan Kepala Sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam melaksanakan peran kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengambilan keputusan (verification). Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru di SD Negeri Gugus 2 Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis sebanyak 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru sudah baik dalam melakukan pengaturan lingkungan fisik di lingkungan sekolah dan menciptakan hubungan kerja yang harmonis dan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, walaupun masih ada aspek lain yang belum optimal seperti peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan serta belum optimalnya kepala sekolah dalam memberikan dorongan untuk memotivasi kinerja guru sebagai bentuk penghargaan atas kinerja guru. 2) Adanya hambatan-hambatan kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru yang antara lain masih adanya beberapa guru yang kurang memiliki motivasi dan komitmen yang tinggi terhadap tugasnya, serta keterbatasan anggaran yang menghambat penyelenggaraan program pengembangan profesional untuk guru. 3) Adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh Kepala Sekolah yaitu secara aktif melakukan pendekatan personal kepada guru-guru. Selain itu, Kepala Sekolah juga memfasilitasi guru untuk mengikuti pelatihan dan kegiatan pengembangan profesional, sebagai bentuk penguatan kapasitas dan peningkatan semangat kerja serta memberikan dukungan lingkungan kerja yang kondusif. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. H. Kusnandi, Drs., M.M., M.Pd. Pembimbing II Dr. Maman Herman, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Peran Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Motivator, Kinerja guru | en_US |
| dc.title | PEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU | en_US |
| dc.type | Other | en_US |