Unigal Repository

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Show simple item record

dc.contributor.author Suranto
dc.date.accessioned 2025-09-12T09:26:40Z
dc.date.available 2025-09-12T09:26:40Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7691
dc.description.abstract Supervisi merupakan suatu aktivitas pembinaan atau segala bantuan yang direncanakan oleh supervisor untuk membantu guru dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewajibannya sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif. Kepala sekolah harus memiliki 5 kompetensi yang tercantum pada PERMENDIKNAS nomor 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah yang terdiri dari lima kompetensi diantaranya : kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Hal ini mengindikasikan bahwasannya pentingnya supervisi akademik yang dipertegas lagi dalam PP No.19 Tahun 2005 pasal 23,yang berbunyi “pengawasan proses pembelajaran sebagai mana yang dimaksud dalam pasal 19 ayat (3) meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan pengambilan langkah tindak lanjut yang diperlukan. Ali Imron (2022) menjelaskan supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu seorang guru mengembangkan kemampuan mengelola suatu proses pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Menurut Permendiknas No.13 Tahun 2007 secara garis besar tahapan supervisi adalah: (1) Pra Observasi atau Perencanaan; (2) Observasi atau Pelaksanaan; (3) Evaluasi dan Tindak lanjut. Ali Imron (2022) mengemukakan yaitu tahap awal (perencanaan), tahap observasi kelas (pelaksanaan), dan tahap pertemuan akhir (penilaian/umpan balik).Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta pengembangan peserta didik untuk menginputkan potensi-potensi yang dimiliki oleh perserta didik tersebut.Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SDN 1,3,dan 4 Jangraga telah dilaksanakan dengan baik dan mengalami peningkatan dari sebelumnya.Hal ini akan berdampak pada capaian Kompetensi Pedagogik Guru.Semuanya menunjukkan nilai pada kategori B (baik).Pada akhirnya akan berdampak pada kualitas proses dan hasil pembelajaran dengan peserta didik. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Awang Kustiawan, M.M. Pembiming II Dr. H.Enas, SE., M.M. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Supervisi Akademik, Kepala Sekolah sebagai Supervisor, Kompetensi Pedagogik Guru, dan Kualitas Pembelajaran. en_US
dc.title IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account