dc.description.abstract |
Tesis ini berjudul; Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah
Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 2
Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran). Penelitian ini dilatar
belakangi oleh hasil survey di Sekolah Dasar Negeri 2 Panyutran Kecamatan Padaherang
Kabupaten Pangandaran, menunjukkan bahwa kepala sekolah belum bisa
mengoptimalkan kemampuan atau kompetensinya. hasil dari penilaian kompetensi
manajerial kepala sekolah di SD Negeri 2 Panyutran secara umum selama 3 tahun terakhir
mengalami fluktuatif. Hal ini disebabkan oleh pergantian kepala sekolah yang tergolong
cepat dalam tiga tahun terakhir. Selain itu produktivitas sekolah di SD Negeri 2 Panyutran
cenderung menurun. Hal ini terlihat dari perbandingan raport mutu sekolah dari tahun
2022 sampai tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan:1) Implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah ditinjau dari
keterampilan konseptual dalam meningkatkan produktivitas sekolah; 2) Implementasi
kompetensi manajerial kepala sekolah ditinjau dari keterampilan hubungan manusia
dalam meningkatkan produktivitas sekolah; 3) Implementasi kompetensi manajerial
kepala sekolah ditinjau dari keterampilan teknik dalam meningkatkan produktivitas
sekolah. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan
triangulasi, serta dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi
kompetensi manajerial kepala sekolah SD Negeri 2 Panyutran ditinjau dari tiga aspek
keterampilan yaitu: (1) keterampilan konseptual, meliputi perencanaan strategis,
pengelolaan sumber daya, visi-misi sekolah, dan pengembangan kurikulum yang
menunjukkan kategori cukup; (2) keterampilan hubungan manusia, seperti membangun
hubungan harmonis, motivasi, kerja tim, dan keterlibatan dengan orang tua dan komunitas
juga menunjukkan kategori cukup; dan (3) keterampilan teknis, yang mencakup evaluasi
dan penilaian, manajemen administrasi, serta pengelolaan infrastruktur dan fasilitas
menunjukkan kategori cukup. Temuan ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial
kepala sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan produktivitas sekolah. |
en_US |