| dc.contributor.author | Parida, Ira | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-12T08:38:22Z | |
| dc.date.available | 2025-09-12T08:38:22Z | |
| dc.date.issued | 2025-06-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7684 | |
| dc.description.abstract | Pendidikan menjadi dasar penting dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi. Kualitas guru dan kepala sekolah merupakan faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di RA Al Muslimin Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan pengawas, kepala sekolah, dan guru sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai leader belum optimal dan tergolong kurang, sementara kinerja mengajar guru berada pada kategori cukup. Aspek pembinaan, motivasi, dan pemberian bimbingan masih perlu ditingkatkan. Hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya strategi komunikasi efektif, keterbatasan pelatihan, dan minimnya pemanfaatan teknologi pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah meliputi supervisi akademik, penguatan kolaborasi, dan peningkatan budaya kerja profesional. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan kepemimpinan pendidikan dan peningkatan kinerja guru secara berkelanjutan. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Kepala Sekolah, Leader, Kinerja Mengajar Guru, RA Al Muslimin | en_US |
| dc.title | PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU | en_US |
| dc.type | Other | en_US |