dc.contributor.author |
Parida, Ira |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-12T08:38:22Z |
|
dc.date.available |
2025-09-12T08:38:22Z |
|
dc.date.issued |
2025-06-28 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7684 |
|
dc.description.abstract |
Pendidikan menjadi dasar penting dalam menciptakan sumber daya manusia
berkualitas, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan
teknologi. Kualitas guru dan kepala sekolah merupakan faktor kunci dalam
meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran
kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di RA Al
Muslimin Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus kualitatif
dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan pengawas, kepala
sekolah, dan guru sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran
kepala sekolah sebagai leader belum optimal dan tergolong kurang, sementara kinerja
mengajar guru berada pada kategori cukup. Aspek pembinaan, motivasi, dan
pemberian bimbingan masih perlu ditingkatkan. Hambatan yang dihadapi meliputi
kurangnya strategi komunikasi efektif, keterbatasan pelatihan, dan minimnya
pemanfaatan teknologi pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah
meliputi supervisi akademik, penguatan kolaborasi, dan peningkatan budaya kerja
profesional. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan
kepemimpinan pendidikan dan peningkatan kinerja guru secara berkelanjutan. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd.
Pembimbing II Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Magister Administrasi Pendidikan, FKIP |
en_US |
dc.subject |
Kepala Sekolah, Leader, Kinerja Mengajar Guru, RA Al Muslimin |
en_US |
dc.title |
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |