| dc.contributor.author | Abdurahman Imam, Asep | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-12T08:10:39Z | |
| dc.date.available | 2025-09-12T08:10:39Z | |
| dc.date.issued | 2025-06-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7679 | |
| dc.description.abstract | Asep Imam Abdurahman (2025): Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik ( Studi Kasus di SMPN 2 Lakbok Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis) Sumber Daya Manusia memegang peranan penting yang mampu memengaruhi mutu dan efektivitas lembaga pendidikan. Pendidikan merupakan jembatan masa depan seorang peserta didik, baik sebagai jembatan ide, nilai, antar generasi dan peradaban. Pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran di sekolah saat ini banyak digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan tugasnya salah satunya sebagai media dan sumber pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan gairah belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Lakbok Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Optimalisasi penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran dalam meningkatkan motivasi peserta didik merupakan hal sangat penting. Oleh karena itu peneliti mengkaji denga 3 pertanyaan pokok masalah penelitian, yakni: (1) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Perencanaan Pembelajaran; (2) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Proses Pembelajaran; (3) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Evaluasi Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Data yang diperoleh kemudian ditindaklanjuti dengan pengolahan yang menggunakan teknis analisis data kontinubilitas serta untuk aspek kredibilitasnya menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik dipandang sudah baik, namun demikian dalam sub aspek pemilihan penggunaan media/ video pembelajaran, diperlukan ketepatan dalam pemilihanya; (2) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Proses Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik menunjukan adanya peningkatan dalam motivasi belajar, namun demikian dalam sub aspek penyajian pembelajaran dengan media TIK, diperlukan pengintegrasian media yang tepat dengan metode pembelajaran yang digunakan; (3) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik menunjukan adanya peningkatan, namun demikian dalam sub aspek evaluasi pembelajaran dengan media TIK, guru perlu terus meningkatkan keterampilanya dalam pengembangan diri berkelanjutan seiring semakin berkembangnya teknologi dan informasi saat ini. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | TIK, Guru dan TIK, Penguasaan Guru dalam Penggunaan TIK, Motivasi Belajar Peserta Didik. | en_US |
| dc.title | Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik | en_US |
| dc.type | Other | en_US |