Unigal Repository

Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Abdurahman Imam, Asep
dc.date.accessioned 2025-09-12T08:10:39Z
dc.date.available 2025-09-12T08:10:39Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7679
dc.description.abstract Asep Imam Abdurahman (2025): Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik ( Studi Kasus di SMPN 2 Lakbok Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis) Sumber Daya Manusia memegang peranan penting yang mampu memengaruhi mutu dan efektivitas lembaga pendidikan. Pendidikan merupakan jembatan masa depan seorang peserta didik, baik sebagai jembatan ide, nilai, antar generasi dan peradaban. Pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran di sekolah saat ini banyak digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan tugasnya salah satunya sebagai media dan sumber pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan gairah belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Lakbok Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Optimalisasi penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran dalam meningkatkan motivasi peserta didik merupakan hal sangat penting. Oleh karena itu peneliti mengkaji denga 3 pertanyaan pokok masalah penelitian, yakni: (1) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Perencanaan Pembelajaran; (2) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Proses Pembelajaran; (3) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Evaluasi Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Data yang diperoleh kemudian ditindaklanjuti dengan pengolahan yang menggunakan teknis analisis data kontinubilitas serta untuk aspek kredibilitasnya menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik dipandang sudah baik, namun demikian dalam sub aspek pemilihan penggunaan media/ video pembelajaran, diperlukan ketepatan dalam pemilihanya; (2) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Proses Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik menunjukan adanya peningkatan dalam motivasi belajar, namun demikian dalam sub aspek penyajian pembelajaran dengan media TIK, diperlukan pengintegrasian media yang tepat dengan metode pembelajaran yang digunakan; (3) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik menunjukan adanya peningkatan, namun demikian dalam sub aspek evaluasi pembelajaran dengan media TIK, guru perlu terus meningkatkan keterampilanya dalam pengembangan diri berkelanjutan seiring semakin berkembangnya teknologi dan informasi saat ini. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject TIK, Guru dan TIK, Penguasaan Guru dalam Penggunaan TIK, Motivasi Belajar Peserta Didik. en_US
dc.title Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account