Abstract:
Asep Imam Abdurahman (2025): Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik ( Studi Kasus di SMPN 2 Lakbok
Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)
Sumber Daya Manusia memegang peranan penting yang mampu memengaruhi
mutu dan efektivitas lembaga pendidikan. Pendidikan merupakan jembatan masa
depan seorang peserta didik, baik sebagai jembatan ide, nilai, antar generasi dan
peradaban. Pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran di sekolah saat ini
banyak digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan tugasnya salah
satunya sebagai media dan sumber pembelajaran sehingga diharapkan dapat
meningkatkan gairah belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menganalisis Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Lakbok Kecamatan Lakbok Kabupaten
Ciamis. Optimalisasi penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam
pembelajaran dalam meningkatkan motivasi peserta didik merupakan hal sangat
penting. Oleh karena itu peneliti mengkaji denga 3 pertanyaan pokok masalah
penelitian, yakni: (1) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari
Perencanaan Pembelajaran; (2) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau
Dari Proses Pembelajaran; (3) Optimalisasi Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau
Dari Evaluasi Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru, kepala sekolah,
dan pengawas sekolah. Data yang diperoleh kemudian ditindaklanjuti dengan
pengolahan yang menggunakan teknis analisis data kontinubilitas serta untuk aspek
kredibilitasnya menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini
diantaranya: (1) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Perencanaan
Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik dipandang
sudah baik, namun demikian dalam sub aspek pemilihan penggunaan media/ video
pembelajaran, diperlukan ketepatan dalam pemilihanya; (2) Penguasaan TIK Oleh
Guru Ditinjau Dari Proses Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
peserta Didik menunjukan adanya peningkatan dalam motivasi belajar, namun
demikian dalam sub aspek penyajian pembelajaran dengan media TIK, diperlukan
pengintegrasian media yang tepat dengan metode pembelajaran yang digunakan;
(3) Penguasaan TIK Oleh Guru Ditinjau Dari Evaluasi Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar peserta Didik menunjukan adanya peningkatan,
namun demikian dalam sub aspek evaluasi pembelajaran dengan media TIK, guru
perlu terus meningkatkan keterampilanya dalam pengembangan diri berkelanjutan
seiring semakin berkembangnya teknologi dan informasi saat ini.