| dc.contributor.author | Nopiana Heris, Asep | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-12T05:31:05Z | |
| dc.date.available | 2025-09-12T05:31:05Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-26 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7660 | |
| dc.description.abstract | Tesis ini berjudul HUBUNGAN AKREDITASI SEKOLAH DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP PRESTASI SEKOLAH (Studi pada Sekolah Dasar di Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran) Asep Heris Nopiana, NIM 82322324037. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Prestasi sekolah dapat diidentifikasikan dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi bidang lain, serta lulusannya relevan dengan tujuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara 1) peroleh akreditasi sekolah dengan prestasi sekolah, 2) sertifikasi guru dengan prestasi sekolah, dan 3) perolehan akreditasi sekolah dan sertifikasi guru secara Bersama sama dengan prestasi sekolah pada sekolah dasar di Kecamataan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Metoda penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian seluruh Guru dan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Tahun 2025, dengan jumlah sampel 83 orang. Pengambilan sampel secara proportional random sampling dan sampel populasi. Unit sampel penelitian adalah guru dan kepala sekolah. Objek variabel peneliti yaitu Perolehan akreditasi sekolah dan sertifikasi guru sebagai independt variable dan prestasi sekolah sebagai variable dependent. Hasil penelitian menununjukan bahwa: 1) Perolehan akreditasi sekolah mempunyai Hubungan yang positif dan sangat signifikan dengan prestasi sekolah, hubungan tersebut termasuk kategori kuat Selain itu efektivitas variabel perolehan akreditasi sekolah termasuk kategori tinggi. Ini berarti semakin tinggi perolehan akreditasi sekolah maka kecenderungan prestasi sekolah pun akan meningkat. 2) Sertifikasi mempunyai hubungan positif dan sangat signifikan dengan prestasi sekolah, hubungan tersebut termasuk kategori kuat. Selain itu efektivitas variabel sertifikasi guru termasuk kategori tinggi. Ini berarti semakin banyak guru tersertifikasi maka ada kecenderungan prestasi sekolah pun akan meningkat.3) Perolehan akreditasi sekolah dan sertifikasi guru secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dan sangat signifikan dengan prestasi sekolah, hubungan tersebut termasuk kategori sangat kuat. Selain itu efektivitas variabel prestasi sekolah termasuk kategori tinggi. Ini berarti apabila perolehan akreditasi sekolah dan sertifikasi guru secara bersama sama semakin tinggi maka kecenderungan prestasi sekolah pun akan meningkat. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | akreditasi sekolah, sertifikasi guru, prestasi sekolah | en_US |
| dc.title | HUBUNGAN AKREDITASI SEKOLAH DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP PRESTASI SEKOLAH | en_US |
| dc.type | Other | en_US |