dc.contributor.author |
Nopiana Heris, Asep |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-12T05:31:05Z |
|
dc.date.available |
2025-09-12T05:31:05Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-26 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7660 |
|
dc.description.abstract |
Tesis ini berjudul HUBUNGAN AKREDITASI SEKOLAH DAN SERTIFIKASI
GURU TERHADAP PRESTASI SEKOLAH (Studi pada Sekolah Dasar di
Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran) Asep Heris Nopiana, NIM
82322324037. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Prestasi sekolah dapat
diidentifikasikan dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi, baik prestasi
akademik maupun prestasi bidang lain, serta lulusannya relevan dengan tujuan
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara 1) peroleh
akreditasi sekolah dengan prestasi sekolah, 2) sertifikasi guru dengan prestasi
sekolah, dan 3) perolehan akreditasi sekolah dan sertifikasi guru secara Bersama sama dengan prestasi sekolah pada sekolah dasar di Kecamataan Padaherang
Kabupaten Pangandaran. Metoda penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian seluruh Guru dan Kepala Sekolah
Dasar Negeri di Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Tahun 2025,
dengan jumlah sampel 83 orang. Pengambilan sampel secara proportional random
sampling dan sampel populasi. Unit sampel penelitian adalah guru dan kepala
sekolah. Objek variabel peneliti yaitu Perolehan akreditasi sekolah dan sertifikasi
guru sebagai independt variable dan prestasi sekolah sebagai variable dependent.
Hasil penelitian menununjukan bahwa: 1) Perolehan akreditasi sekolah mempunyai
Hubungan yang positif dan sangat signifikan dengan prestasi sekolah, hubungan
tersebut termasuk kategori kuat Selain itu efektivitas variabel perolehan akreditasi
sekolah termasuk kategori tinggi. Ini berarti semakin tinggi perolehan akreditasi
sekolah maka kecenderungan prestasi sekolah pun akan meningkat. 2) Sertifikasi
mempunyai hubungan positif dan sangat signifikan dengan prestasi sekolah,
hubungan tersebut termasuk kategori kuat. Selain itu efektivitas variabel sertifikasi
guru termasuk kategori tinggi. Ini berarti semakin banyak guru tersertifikasi maka
ada kecenderungan prestasi sekolah pun akan meningkat.3) Perolehan akreditasi
sekolah dan sertifikasi guru secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif
dan sangat signifikan dengan prestasi sekolah, hubungan tersebut termasuk kategori
sangat kuat. Selain itu efektivitas variabel prestasi sekolah termasuk kategori tinggi.
Ini berarti apabila perolehan akreditasi sekolah dan sertifikasi guru secara bersama sama semakin tinggi maka kecenderungan prestasi sekolah pun akan meningkat. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd.
Pembimbing II Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Magister Administrasi Pendidikan, FKIP |
en_US |
dc.subject |
akreditasi sekolah, sertifikasi guru, prestasi sekolah |
en_US |
dc.title |
HUBUNGAN AKREDITASI SEKOLAH DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP PRESTASI SEKOLAH |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |