Unigal Repository

GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Show simple item record

dc.contributor.author Arisanti Dwi, Normalisa
dc.date.accessioned 2025-09-12T05:08:04Z
dc.date.available 2025-09-12T05:08:04Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7658
dc.description.abstract Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan suatu negara, dan kualitas kepemimpinan lembaga pendidikan sangat berpengaruh terhadap keberhasilannya. Kepala sekolah, sebagai pemimpin di tingkat sekolah, memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi guru untuk mencapai kinerja tinggi. Penelitian ini berfokus pada gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah perempuan di SMK Darussalam Karangpucung, Kabupaten Cilacap, dan dampaknya terhadap kinerja guru. Kepemimpinan situasional, yang pertama kali dikemukakan oleh Paul Hersey dan Ken Blanchard, menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan situasi yang dihadapi. Dalam konteks kepala sekolah perempuan, pendekatan ini memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan kebutuhan guru, mendorong inovasi, dan meningkatkan kualitas pengajaran. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh kepala sekolah perempuan, seperti stereotip gender dan keterbatasan sumber daya, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah perempuan berfungsi sebagai jembatan untuk meningkatkan kinerja guru, karena pendekatan ini memungkinkan penyesuaian strategi kepemimpinan dengan kebutuhan spesifik guru. Dengan memberikan dukungan emosional dan menciptakan lingkungan kolaboratif, kepala sekolah perempuan tidak hanya meningkatkan semangat guru, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan profesional yang lebih baik. Oleh karena itu, hal ini dapat mengakibatkan peningkatan kinerja pengajaran secara signifikan. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan yang mendalam mengenai gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah perempuan, tantangan yang dihadapi, serta solusi yang diterapkan untuk meningkatkan kinerja guru. Dengan demikian, hasil penelitian dapat bermanfaat untuk pengembangan manajemen pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan di SMK Darussalam Karangpucung. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Enas, SE., M.M. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Gaya Kepemimpinan Situasional, Kepala Sekolah Perempuan, Kinerja Guru en_US
dc.title GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account