Abstract:
Peningkatan penggunaan gawai pada anak usia sekolah mengalami peningkatan seiring dengan kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi. Namun penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan perkembangan pada anak usia sekolah. Optimalisasi perkembangan anak dibutuhkan dari tidur yang cukup dan berkualitas. Tujuan: untuk mengkaji secara literature pengaruh penggunaan gadget dan gangguan pola tidur pada anak usia sekolah. Metode: Penelusuran literatur menggunakan literature review melalui database seperti PubMed, Google Scholar, dan Science Direct. Ditemukan sebanyak 57.183 artikel, kemudian di lakukan skrining melalui kriteria inklusi dan eksklusi hingga didapatkan 15 artikel yang sesuai kriteria. Hasil dan diskusi: dari 15 artikel yang telah dianalisis terkait pengaruh penggunaan gadget terhadap pola tidur anak usia sekolah bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Semakin lama anak menggunakan gadget dan penggunaan gadget sebelum tidur dapat menganggu pola tidur, gangguan kognitif, perilaku, dan kesehatan fisik seperti obesitas pada anak usia sekolah. Hasil tinjauan ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dalam bidang keperawatan dan dapat meningkatkan pengetahuan untuk tenaga kesehatan, orangtua, guru, dan anak.
Description:
Temuan utama dari literatur yang ditinjau menemukan pola yang jelas dan konsisten mengenai pengaruh negative antara penggunaan gadget dan bermacam-macam aspek pola tidur anak usia sekolah. Pada penelitian secara umum berfokus pada peran penting paparan cahaya biru dari layar gadget, rangsangan psikologis yang ditimbulkan oleh konten interaktif dan pergeseran waktu tidur sebagai mekanisme utama yang mendasar. Selain itu, jenis gadget smartphone dan waktu penggunaannya terutama yang berdekatan dengan waktu tidur menjadi faktor risiko yang signifikan terhadap gangguan tidur. Meskipun demikian, beberapa studi juga menunjukkan bahwa usia anak berperan sebagai faktor moderasi dalam hubungan ini.