Abstract:
Untuk bisnis kecil dan menengah (UMKM) seperti kafe, kemajuan teknologi, khususnya internet dan aplikasi berbasis web, menawarkan solusi untuk manajemen inventaris. Saat ini, Panada coffee masih menggunakan sistem manual, yang menyebabkan banyak masalah, termasuk kesalahan pencatatan, masalah pelacakan produk, dan miskomunikasi. Akibatnya, disarankan untuk menggunakan metode pengembangan aplikasi cepat (RAD) untuk membangun “Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web”. Metode RAD dipilih karena fleksibel dan dapat diakses di mana saja, dan memungkinkan pengembangan yang cepat sesuai dengan kebutuhan khusus pemilik kafe melalui keterlibatan langsung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem informasi manajemen inventaris berbasis web untuk panada coffee. Sistem ini akan memiliki antarmuka pengguna yang ramah pengguna dan bertujuan untuk mengurangi kesalahan dan kehilangan data. Hasil akhirnya, diharapkan bahwa penelitian ini akan membantu meningkatkan akurasi dan kecepatan dalam seluruh proses manajemen inventaris, mulai dari pendataan, pengelolaan stok, permintaan, perbaikan, hingga manajemen barang masuk dan keluar.
Tiga metode digunakan penulis untuk mengumpulkan data. Pertama, wawancara untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Kedua, melakukan dokumentasi dengan menganalisis catatan sebelumnya, seperti laporan barang. Terakhir, mempelajari studi literatur dengan membaca jurnal yang relevan untuk memahami teori dan membandingkan hasil penelitian. Penelitian ini menggantikan sistem manual dengan sistem informasi manajemen inventaris berbasis web di panada coffee. Peneliti menyarankan pengembangan sistem dengan integrasi dengan keuangan dan penjualan.