| dc.contributor.author | Rizqi Tefa, Muhammad | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-11T08:34:22Z | |
| dc.date.available | 2025-09-11T08:34:22Z | |
| dc.date.issued | 2025-09-11 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7607 | |
| dc.description.abstract | Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Namun dalam proses komunikasi tersebut seringkali terjadi hambatan. Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang relevan sebagai sarana untuk mempermudah menyampaikan pesan. Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa merupakan suatu model kombinasi yang dipadukan dengan tehnik Mind map. Mind map disini hanya sebagai sarana menyelesaikan masalah agar lebih mudah dipahami dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Mind map terhadap hasil belajar kognitif Siswa pada pokok bahasan sistem perkembangbiakan pada hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian berbentuk One Group, Pretest Posttest Design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel yang dipilih secara Purposive Sampling. sampel yang digunakan siswa kelas IX sebanyak 20 orang siswa. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan instrumen soal Essay sebanyak 5 soal dan data yang diperoleh berupa skor hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis mind map berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan kategori sedang (n gain = 0,51) | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | FKIP universitas Galuh | en_US |
| dc.subject | Problem Based Learning, Mind Map, Hasil Belajar Kognitif | en_US |
| dc.title | Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMP terpadu al-Hasan ciamis | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |