dc.description.abstract |
Perencanaan strategis kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas sekolah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menjadikan sekolah tersebut menjadi populis dimasyarakat, sehingga tujuan untuk mewujudkan sekolah yang efektif yakni kepala sekolah yang memiliki pola kerja yang konsisten terhadap perencanaan strategis tersebut. Sedangkan perencanaan strategis merupakan perencanaan yang berfokus terhadap pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah. Sebagai Upaya optimalisasi perencanaan strategis dibutuhkan kepekaan akan perubahan yang terjadi, respek terhadap resiko kerjaa serta harus memiliki tim kerja yang solid, kreatif, inovatif, responsif, proaktif serta mampu merespon terhadap perubahan dan masalah yang sedang terjadi baik dalam lingkungan sekolah itu sendiri maupun permasalahn yang sedang berkembang diluaran. Kepala sekolah juga dituntut memiliki dedikasi yang tinggi untuk dapat mencapai tujuan tersebut sesuai dengan target, harapan, kebutuhan yang mana tentunya disesuaikan dengan kemampuan yang ada. Kompetensi kepala sekolah sebagai top leader berperan sangat penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan, dalam kenyataan dilapangan setelah dilakukan penelitian ternyata ada beberapa hal yang hasilnya belum efektif hal tersebut dikarenakan adanya kekurangan pola komunikasi antara kepala sekolah dengan dinas terkait untuk meningkatkan efektifitas sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang (1 ) perencanaan strategis kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas sekolah. ( 2 ) mengetahui hambatan yang dihadapi sekolah dalam meningkatkan efektifitas sekolah, ( 3 ), Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan efektifistas sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penyususnan tesis ini ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapaun informan pada penelitian ini terdiri dari, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru serta siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan strategis kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas sekolah merupakan alat untuk mewujudkan sekolah yang efektif (2), Hambatan yang dihadapai dalam melaksanakan perencanaan strategis kepala sekolah dalam meningkatkan efektifitas sekolah diantaranya kepala sekolah belum menunjukkan kemampuan yang memadai dalam memimpin dan meningkatkan efektifitas sekolah, kurangnya sarana dan prasarana terutama dalam jumlah ruangan kelas belajar, (3), Upaya untuk meningkatkan efektifitas sekolah, harus focus pada peningkatan mutu pembelajaran, pengembangan sarana dan prasarana, pembinaan kesiswaan, pemanfaatan teknologi serta peningkatan komunikasi serta Kerjasama semua stakeholder yang ada di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. |
en_US |