| dc.contributor.author | Nurhidayati, Early | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-08T08:30:35Z | |
| dc.date.available | 2025-09-08T08:30:35Z | |
| dc.date.issued | 2025-06 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7494 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan produktivitas sekolah. Studi kasus ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas satuan pendidikan, guru, tenaga kependidikan, dan perwakilan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di SMA Negeri 1 Tasikmalaya memiliki karakteristik kepemimpinan inovatif yang kuat, baik ditinjau dari aspek aspiratif (berdasarkan 3 karakteristik Suarsana, 2020:59) maupun aspek kreatif (mencakup 12 karakteristik Mulyasa, 2012). Temuan ini secara konsisten mengindikasikan bahwa kepemimpinan inovatif kepala sekolah berkontribusi signifikan terhadap peningkatan produktivitas sekolah, yang didefinisikan oleh Mulyasa (2002:92) sebagai keseluruhan proses penataan dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa sosok kepala sekolah dengan karakteristik inovatif yang komprehensif mampu secara substansial meningkatkan produktivitas institusi pendidikan. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Saepul Hidayat, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Inovator, Produktivitas sekolah | en_US |
| dc.title | PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SEKOLAH | en_US |
| dc.type | Other | en_US |