Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan
kepala sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan produktivitas
sekolah. Studi kasus ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tasikmalaya.
Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data
melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam
dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah,
wakil kepala sekolah, pengawas satuan pendidikan, guru, tenaga
kependidikan, dan perwakilan peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kepala sekolah di SMA Negeri 1 Tasikmalaya
memiliki karakteristik kepemimpinan inovatif yang kuat, baik ditinjau
dari aspek aspiratif (berdasarkan 3 karakteristik Suarsana, 2020:59)
maupun aspek kreatif (mencakup 12 karakteristik Mulyasa, 2012).
Temuan ini secara konsisten mengindikasikan bahwa kepemimpinan
inovatif kepala sekolah berkontribusi signifikan terhadap peningkatan
produktivitas sekolah, yang didefinisikan oleh Mulyasa (2002:92)
sebagai keseluruhan proses penataan dan penggunaan sumber daya
untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa sosok kepala sekolah
dengan karakteristik inovatif yang komprehensif mampu secara
substansial meningkatkan produktivitas institusi pendidikan.