Unigal Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM

Show simple item record

dc.contributor.author Apriani, Risa
dc.date.accessioned 2025-09-08T08:09:51Z
dc.date.available 2025-09-08T08:09:51Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7489
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurikulum merdeka belajar pada penerapannya dalam pembelajaran mengutamakan pada pembentukan karakter pada siswa, hal ini sesuai pada konsep merdeka belajar yang didalamnya mencakup Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter pada siswa didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan karakter profil pelajar pancasila di Gugus 2 Korwil Pendidikan Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. 2) Hambatan yang dihadapi dalam mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan karakter profil pelajar pancasila di Gugus 2 Korwil Pendidikan Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan karakter profil pelajar pancasila di Gugus 2 Korwil Pendidikan Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian didapatkan dari informan, yakni kepala sekolah dan guru. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi, serta melaksanakan triangulasi, selanjutnya data diolah dengan reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di Gugus 2 Korwil Pendidikan Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis telah diimplementasikan sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga dapat meningkatkan karakter profil pelajar pancasila. Hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar yaitu 1) Kondisi sarana prasarana atau fasilitas sekolah yang terbatas. 2) Keterbatasan kemampuan guru untuk mendukung fasilitas teknologi berbasis digital. 3) Kondisi mindset atau pemikiran warga sekolah yang belum terbiasa dengan pembelajaran berpusat pada siswa. Upaya untuk mengatasi hambatan implementasi kurikulum merdeka belajar yaitu dengan cara 1) Kepala sekolah meberikan kebijakan dalam memaksimalkan penggunaan bantuan pendanaan dari BOS dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait. 2) Guru mengerahkan kemandiriannya guna mengatasi problematika yang ada. 3) Guru mengadakan sesi pertemuan antara siswa, dan wali kelas. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Kusnandi, Drs., M.M., M.Pd. Pembimbing II Dr. Maman Herman, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Karakter Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.title IMPLEMENTASI KURIKULUM en_US
dc.title.alternative IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account