| dc.contributor.author | Purwaningrum, Dian | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-08T07:09:53Z | |
| dc.date.available | 2025-09-08T07:09:53Z | |
| dc.date.issued | 2025-06-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7477 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi di SMA Negeri 1 Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap), Dian Purwaningrum, NIM. 82322324064. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya dengan memperbarui kurikulum yang sudah dipakai. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang saat ini sedang diperkenalkan secara meluas oleh Kemendikbud kepada tiap satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Para guru telah melaksanakan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka meskipun kurikulum ini masih terbilang baru. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Guru dituntut untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan optimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek persiapan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru; 2) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek pelaksanaan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru; 3) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek penilaian dalam meningkatkan kompetensi profesional guru; 4) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek tindak lanjut dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, siswa, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek persiapan sudah dilaksanakan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu masih ada beberapa guru yang memerlukan dukungan lebih lanjut karena masih kurangnya penguasaan teknologi informasi, lemahnya penguasaan bidang administrasi, dan kecenderungan guru yang lebih banyak menekankan aspek kognitif. 2) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek pelaksanaan sudah diterapkan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. 3) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek penilaian sudah dilakukan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. 4) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek tindak lanjut sudah dijalankan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Kompetensi Profesional Guru | en_US |
| dc.title | IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi di SMA Negeri 1 Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap) | en_US |
| dc.type | Other | en_US |