Unigal Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi di SMA Negeri 1 Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Purwaningrum, Dian
dc.date.accessioned 2025-09-08T07:09:53Z
dc.date.available 2025-09-08T07:09:53Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7477
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi di SMA Negeri 1 Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap), Dian Purwaningrum, NIM. 82322324064. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya dengan memperbarui kurikulum yang sudah dipakai. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang saat ini sedang diperkenalkan secara meluas oleh Kemendikbud kepada tiap satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Para guru telah melaksanakan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka meskipun kurikulum ini masih terbilang baru. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Guru dituntut untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan optimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek persiapan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru; 2) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek pelaksanaan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru; 3) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek penilaian dalam meningkatkan kompetensi profesional guru; 4) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek tindak lanjut dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, siswa, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek persiapan sudah dilaksanakan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu masih ada beberapa guru yang memerlukan dukungan lebih lanjut karena masih kurangnya penguasaan teknologi informasi, lemahnya penguasaan bidang administrasi, dan kecenderungan guru yang lebih banyak menekankan aspek kognitif. 2) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek pelaksanaan sudah diterapkan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. 3) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek penilaian sudah dilakukan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. 4) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek tindak lanjut sudah dijalankan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Implementasi, Kurikulum Merdeka, Kompetensi Profesional Guru en_US
dc.title IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi di SMA Negeri 1 Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account