dc.contributor.author |
Purwaningrum, Dian |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-08T07:09:53Z |
|
dc.date.available |
2025-09-08T07:09:53Z |
|
dc.date.issued |
2025-06-28 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7477 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
(Studi di SMA Negeri 1 Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap),
Dian Purwaningrum, NIM. 82322324064. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa
langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya dengan
memperbarui kurikulum yang sudah dipakai. Kurikulum merdeka adalah
kurikulum yang saat ini sedang diperkenalkan secara meluas oleh Kemendikbud
kepada tiap satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Para guru telah
melaksanakan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka meskipun kurikulum ini
masih terbilang baru. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam
menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Guru dituntut
untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan optimal sehingga diharapkan
dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Tujuan penelitian adalah untuk
menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka
ditinjau dari aspek persiapan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru;
2) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek pelaksanaan dalam
meningkatkan kompetensi profesional guru; 3) Implementasi Kurikulum Merdeka
ditinjau dari aspek penilaian dalam meningkatkan kompetensi profesional guru;
4) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek tindak lanjut dalam
meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode penelitian yang digunakan
dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru,
siswa, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek persiapan sudah
dilaksanakan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi
profesional guru. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu masih ada
beberapa guru yang memerlukan dukungan lebih lanjut karena masih kurangnya
penguasaan teknologi informasi, lemahnya penguasaan bidang administrasi, dan
kecenderungan guru yang lebih banyak menekankan aspek kognitif.
2) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek pelaksanaan sudah
diterapkan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan kompetensi
profesional guru. 3) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek
penilaian sudah dilakukan dengan cukup optimal sehingga dapat meningkatkan
kompetensi profesional guru. 4) Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari
aspek tindak lanjut sudah dijalankan dengan cukup optimal sehingga dapat
meningkatkan kompetensi profesional guru. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd.
Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Magister Administrasi Pendidikan, FKIP |
en_US |
dc.subject |
Implementasi, Kurikulum Merdeka, Kompetensi Profesional Guru |
en_US |
dc.title |
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi di SMA Negeri 1 Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap) |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |