dc.contributor.author |
Setianingsih, Ety |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-08T06:57:50Z |
|
dc.date.available |
2025-09-08T06:57:50Z |
|
dc.date.issued |
2025-06-28 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7476 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA
SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU
(Studi Kasus di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap
Kabupaten Cilacap), Ety Setianingsih, NIM. 82322324042. Penelitian ini dilatar
belakangi bahwa kepala sekolah sebagai supervisor seyogianya merubah paradigma
supervisi akademik yang sebelumnya hanya sebatas menilai bagaimana guru
melaksanakan proses belajar mengajar di kelas menjadi proses pemberian
bimbingan dan bantuan untuk menggali potensi gurunya agar lebih berkembang
lagi dalam meningkatkan kinerja mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Implementasi supervisi akademik kepala
sekolah ditinjau dari aspek perencanaan program (pra observasi) dalam
meningkatkan kinerja mengajar guru di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP
Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap; 2) Implementasi supervisi akademik
kepala sekolah ditinjau dari aspek pelaksanaan (observasi) dalam meningkatkan
kinerja mengajar guru di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2
Cilacap Kabupaten Cilacap; 3) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah
ditinjau dari aspek tindak lanjut (pasca observasi) dalam meningkatkan kinerja
mengajar guru di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap
Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini
adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan
memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan
informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, dan guru. Teknik
analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi
supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP
Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek perencanaan
program (pra observasi) sudah optimal sehingga dapat meningkatkan kinerja
mengajar guru; 2) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri
3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap ditinjau dari
aspek pelaksanaan (observasi) sudah optimal sehingga dapat meningkatkan kinerja
mengajar guru; 3) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri
3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap ditinjau dari
aspek tindak lanjut (pasca observasi) sudah optimal sehingga dapat meningkatkan
kinerja mengajar guru. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd.
Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Magister Administrasi Pendidikan, FKIP |
en_US |
dc.subject |
Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru |
en_US |
dc.title |
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |