Unigal Repository

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU

Show simple item record

dc.contributor.author Setianingsih, Ety
dc.date.accessioned 2025-09-08T06:57:50Z
dc.date.available 2025-09-08T06:57:50Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7476
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap), Ety Setianingsih, NIM. 82322324042. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kepala sekolah sebagai supervisor seyogianya merubah paradigma supervisi akademik yang sebelumnya hanya sebatas menilai bagaimana guru melaksanakan proses belajar mengajar di kelas menjadi proses pemberian bimbingan dan bantuan untuk menggali potensi gurunya agar lebih berkembang lagi dalam meningkatkan kinerja mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah ditinjau dari aspek perencanaan program (pra observasi) dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap; 2) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah ditinjau dari aspek pelaksanaan (observasi) dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap; 3) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah ditinjau dari aspek tindak lanjut (pasca observasi) dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, dan guru. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek perencanaan program (pra observasi) sudah optimal sehingga dapat meningkatkan kinerja mengajar guru; 2) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek pelaksanaan (observasi) sudah optimal sehingga dapat meningkatkan kinerja mengajar guru; 3) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri 3 Jeruklegi dan SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek tindak lanjut (pasca observasi) sudah optimal sehingga dapat meningkatkan kinerja mengajar guru. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru en_US
dc.title IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account