dc.description.abstract |
Dudi Hermawan. 3402210520. Pengaruh Upskilling dan Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Kinerja Manajemen Billing (Suatu Studi Pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Ciamis Bagian Transaksi Energi Listrik). Di bawah bimbingan Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Enjang Nursolih, S.H., M.M. (Pembimbing II).
Kinerja pegawai merupakan hasil kerja pegawai secara keseluruhan selama periode tertentu didalam melaksanakan tugas, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Oleh karena itu suatu organisasi selalu berusaha agar kinerja pegawai terus meningkat dengan harapan apa yang menjadi tujuan organisasi akan tercapai. Namun demikian beberapa permasalahan yang terjadi berdasarkan hasil penjajagan awal pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Ciamis menyangkut kinerja pegawai. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek ketepatan waktu masih ditemukan adanya pegawai yang kurang mampu menyelesaikan suatu pekerjaan secara tepat waktu sesuai dengan periode waktu yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan. Permasalahan tersebut diduga diakibatkan oleh belum optimalnya upskilling dan pemberian motivasi kerja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh upskilling (pelatihan kerja) terhadap kinerja manajemen billing pada PT. PLN (Persero) ULP Ciamis?; Bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja manajemen billing pada PT. PLN (Persero) ULP Ciamis?; Bagaimana pengaruh upskilling (pelatihan kerja) dan motivasi kerja terhadap kinerja manajemen billing pada PT. PLN (Persero) ULP Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh upskilling (pelatihan kerja) terhadap kinerja manajemen billing pada PT. PLN (Persero) ULP Ciamis; Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja manajemen billing pada PT. PLN (Persero) ULP Ciamis; Pengaruh upskilling (pelatihan kerja) dan motivasi kerja terhadap kinerja manajemen billing pada PT. PLN (Persero) ULP Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai manajemen billing PT. PLN (Persero) ULP Ciamis yaitu sebanyak 102 orang pegawai, sampel yang dipilih adalah sebanyak 81 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan upskilling terhadap kinerja pegawai manajemen billing pada PT PLN (Persero) ULP Ciamis Bagian Transaksi Energi Listrik; Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai manajemen billing pada PT PLN (Persero) ULP Ciamis Bagian Transaksi Energi Listrik; Terdapat pengaruh positif dan signifikan upskilling dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai manajemen billing pada PT PLN (Persero) ULP Ciamis Bagian Transaksi Energi Listrik. Artinya semakin baik pelaksanaan upskilling dan motivasi kerja maka kinerja pegawai akan semakin meningkat. |
en_US |