dc.description.abstract |
Nama : Muhammad Wildan K H R, NIM.3402210582. “Pengaruh Iklan
Tertarget Dan Affiliate marketing Terhadap Keputusan Pembelian Galendo Di
Shopee” (Suatu Studi Pada Perusahaan Galendo Putra Bungsu Kab. Ciamis)”
Dibawah Bimbingan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M (Pembimbing I)
dan Enjang Nursolih,S.H.,Mom (Pembimbing II).
Perkembangan e-commerce seperti Shopee mendorong UMKM mengadopsi
strategi pemasaran digital seperti iklan tertarget dan affiliate marketing untuk
meningkatkan keterlibatan konsumen. Namun, penerapan kedua strategi pada
Galendo Putra Bungsu dinilai belum optimal, yang terlihat dari hasil pra-survey di
mana keputusan pembelian konsumen belum mencapai skor maksimal dan
menunjukkan adanya keraguan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh simultan dari iklan tertarget dan affiliate marketing terhadap keputusan
pembelian produk Galendo di Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah survei kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan dari kedua
variabel terhadap keputusan pembelian, dengan koefisien determinasi sebesar
68,06%. Meskipun demikian, skor terendah ditemukan pada indikator "keinginan
mencoba produk" dari variabel iklan tertarget dan "kecepatan dalam membeli" pada
variabel keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan perlunya penguatan
strategi pada tahap konversi, yaitu mengubah rasa penasaran yang sudah terbangun
menjadi tindakan pembelian yang lebih cepat. Maka dari itu, disarankan agar
Galendo Putra Bungsu mengoptimalkan materi iklan dengan ajakan bertindak (call
to action) yang lebih kuat serta mengarahkan para afiliasi untuk memberikan
penawaran eksklusif guna mempercepat keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Iklan Tertarget, Affiliate marketing, Keputusan Pembelian. |
en_US |