Unigal Repository

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA SERAP LULUSAN

Show simple item record

dc.contributor.author Yulianto, Slamet
dc.date.accessioned 2025-09-06T10:16:37Z
dc.date.available 2025-09-06T10:16:37Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7442
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA SERAP LULUSAN (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Cilacap), Slamet Yulianto, NIM. 82322324067. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan salah satu ujung tombak yang menentukan keberhasilan atau mutu lulusan yang handal. Untuk dapat mengajar dengan baik maka guru harus menguasai teori dan praktik pedagogik dengan baik. Guru yang mempunyai kompetensi pedagogik yang handal akan dapat meningkatkan mutu lulusan yang memiliki nilai kemanfaatan di tengah tengah masyarakat. Lulusan pendidikan kejuruan dipersiapkan untuk siap terjun ke dunia kerja. Dalam kenyataannya, SMK memiliki persoalan mutu lulusan dan daya serap lulusan karena tidak semua lulusan SMK dapat memenuhi tuntutan itu secara memuaskan. Hal tersebut memberikan tantangan tersendiri kepada kinerja guru dalam menerapakan mengembangkan kompetensi pedagogik untuk terus meningkatkan mutu lulusan dan daya serap lulusan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan daya serap lulusan di SMK Negeri 2 Cilacap; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, pengawas, siswa, unsur dunia usaha dunia industri, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan daya serap lulusan ditinjau dari sub aspek tahap diagnostik, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi telah dilakukan cukup baik. Namun demikian, masih ada aspek yang lemah yaitu kesempatan pengembangan kompetensi pedagogik kepada sejumlah guru belum merata, jadi perlu dioptimalkan lagi. 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut:a) Masih rendahnya keterampilan mengajar. b) Rendahnya motivasi dan inovasi untuk mengembangkan mutu diri guru. c) Kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran. d) Kurang optimalnya peran partisipasi aktif guru dalam MGMP. 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut: a) Melaksanakan peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan pengembangan profesional guru serta penguatan supervisi dan evaluasi kinerja guru. b) Melakukan pendekatan multidimensi yang menyentuh aspek internal guru, lingkungan kerja, dan sistem dukungan. c) Optimalisasi anggaran yang ada dan pengadaan sarana prasarana. d) MGMP menerapkan strategi yang melibatkan partisipasi aktif dari guru, dukungan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan,serta inovasi dalam pelaksanaan kegiatan en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Pengembangan, Kompetensi Pedagogik Guru, Daya Serap Lulusan en_US
dc.title PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA SERAP LULUSAN en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account