Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Knowledge
Management, Kompetensi Pegawai dan Kinerja Pegawai di PT. POS Indonesia Cab.
Ciamis. serta mengetahui besaran pengaruh Knowledge Management terhadap
Kompetensi Pegawai, besaran pengaruh Knowledge Management terhadap Kinerja
Pegawai, besaran pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai, besaran
pengaruh secara bersama Knowledge Management, Kompetensi Pegawai terhadap
Kinerja Pegawai.
Target dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran manakah pengaruh
yang paling signifikan Knowledge Management terhadap Kompetensi Pegawai atau
Knowledge Management terhadap Kinerja Pegawai atau Kompetensi Pegawai terhadap
Kinerja Pegawai atau secara bersama Knowledge Management melalui Kompetensi
Pegawai terhadap Kinerja Pegawai di PT. POS Indonesia Cab. Ciamis, sehingga dapat
dijadikan referensi penerapan Knowledge Management dimasa yang akan datang,
sehingga diharapkan akan lebih maksimal.
Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana dan
berganda (multi linear regression). Analisis regresi, untuk menghitung besarnya
pengaruh secara kuantitatif dari suatu perubahan kejadian (variabel X) terhadap
kejadian lainnya (variabel Y). Untuk melihat hubungan antara variabel yang
dipergunakan rumus regresi berganda Umar (2005:307). Y1 = a + bX, Y2 = a + bX, Y2
= a + bY1
Hasil penelitian diperoleh pengaruh masing-masing variabel dan Signifikan
terhadap Kinerja Pegawai secara parsial adalah Knowledge Management (X) : 30.2%,
Kompetensi Pegawai : 71.9%. dan secara simultan sebesar 71.9%, variabel lain yang
berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai tapi tidak diteliti sebesar 28.1%.