Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri 1 Ciamis dan MTs Negeri 4 Ciamis dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan perpustakaan di MTs. Negeri 1 Ciamis dan MTs. Negeri 4 Ciamis dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, kepala perpustakaan, perwakilan guru, pengawas bina, dan perwakilan siswa. Data yang teerkumpul dianalisis secara deskriptif melalui alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Aspek yang diteliti meliputi perencanaan (planning) dengan sub aspek tujuan, kebijakan, strategi dan program, pengorganisasian (organizing), memberi dorongan/penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) dalam pengelolaan perpustakaan, serta kaitannya dengan pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang meliputi tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan di kedua sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik, namun belum optimal pelaksanaannya di setiap aspek penelitian, dan terdapat beberapa sub aspek yang perlu ditingkatkan yaitu sub aspek kebijakan dalam aspek perencanaan, profesionalisme dan kompetensi tenaga pustakawan dalam aspek pengorganisasian, sistem koordinasi dalam aspek penggerakan, dan tindak lanjut dalam aspek pengawasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah, namun diperlukan strategi peningkatan lebih lanjut pada tahap pengembangan dan pembelajaran literasi. Pengelolaan perpustakaan yang baik dan optimal akan meningkatkan gerakan literasi sekolah.