| dc.contributor.author | Agustianingsih, Siwi | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-06T09:11:59Z | |
| dc.date.available | 2025-09-06T09:11:59Z | |
| dc.date.issued | 2025-06-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7437 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul MANAJEMEN MUTU GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap), Siwi Agustianingsih, NIM. 82322324026. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa manajemen mutu guru bimbingan dan konseling harus menempatkan siswa sebagai klien dalam pelayanan kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga guru harus terus meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai potensi terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Perencanaan program (planning) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap; 2) Pengorganisasian (organizing) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap; 3) Pelaksanaan (actuating) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap; dan 4) Evaluasi dan pengawasan (controlling) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program (planning) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap sudah optimal sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik; 2) Pengorganisasian (organizing) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap sudah optimal sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik; 3) Pelaksanaan (actuating) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap sudah optimal sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik; 4) Evaluasi dan pengawasan (controlling) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap sudah optimal sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing 1 Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Manajemen Mutu, Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar Peserta Didik | en_US |
| dc.title | MANAJEMEN MUTU GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK | en_US |
| dc.type | Other | en_US |