Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan elemen kunci
keberhasilan sistem pendidikan nasional. Guru harus menyusun
rancangan pembelejaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang
sudah di racancanggnya, dan kemudian melakukan evaluasi dari
kegiatan pembelajaran yang diharapkan menghasilkan lulusan yang
bermutu. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1.) Optimalisasi
kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek perancangan
pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA
Plus Pesantren Amanah. (2.) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru
ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan
dialogis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Plus
Pesantren Amanah. (3.) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru
ditinjau dari aspek evaluasi hasil belajar dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik di SMA Plus Pesantren Amanah. Penelitian ini
menggunakan metote penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di
SMA Plus Pesantren Amanah Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian
menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang meliputi perancangan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
serta evaluasi hasil belajar sudah dimiliki oleh guru pendidikan
pancasila di SMA Plus Pesantren Amanah Kota Tasikmalaya. Namun
demikian terdapat beberapa aspek yang masih harus dioptimalkan oleh
guru pendidikan pancasila yaitu: 1) Kompetensi pedagogik dalam
perancangan pembelejaran pada aspek kajian kemampuan dalam
merencanakan model penilaian hasil belajar. 2) Kompetensi pedagogik
dalam pelaksanaan pembelejaran yang mendidik dan dialogis pada
aspek kajian kemampuan dalam melaksanakan penilaian selama
proses belajar mengajar berlangsung. 3) Kompetensi pedagogik dalam
evaluasi pembelejaran aspek kajian kemampuan guru dalam
memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan kualitas pembelajaran.