Unigal Repository

Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan

Show simple item record

dc.contributor.author Yuliawati
dc.date.accessioned 2025-09-06T03:36:05Z
dc.date.available 2025-09-06T03:36:05Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.other Yuliawati
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7389
dc.description.abstract Dalam perkembangan waktu, era globalisasi membuat banyak orang melupakan signifikansinya mempertahankan keseimbangan lingkungan dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, beberapa di antara mereka menjadi tidak peduli terhadap masalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnopedagogi dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kearifan lokal terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan rancangan one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Sabilul Huda dengan sampel siswa kelas X yang diambil menggunakan Teknik sampling total. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu penerapan pendekatan etnopedagogi dengan model pembelajaran Problem Based learning berbasis kearifan lokal dan variable terikat penelitian ini yaitu sikap peduli lingkungan siswa. Instrumen sikap peduli lingkungan siswa yang digunakan berupa angket berjumlah 20 pernyataan. Data angket sikap peduli lingkungan siswa dianalisis menggunakan analisi deskriptif dan meggunakan uji hipotesis uji Z. Analisis data sikap peduli lingkungan siswa di peroleh dari 23 responden, ke-23 responden 80%-96,25% siswa yang memiliki sikap peduli lingkungan yang sangat tinggi. Untuk hasil analisis data sikap peduli lingkungan siswa menunjukan Zhitung ≥ Ztabel yaitu 3,96 ≥1,65. Artinya terdapat pengaruh pendekatan etnopedagogi dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kearifan lokal terhadap sikap peduli lingkungan siswa. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Lia Yulisma,S.Pd, M.Si Taupik Sopyan, S.Pd, M.Si en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject Pendekatan Etnopedagogi, Problem Based learning, Sikap Peduli Lingkungan Siswa en_US
dc.title Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account