Unigal Repository

Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Sidik, Fajar
dc.date.accessioned 2025-09-04T07:28:35Z
dc.date.available 2025-09-04T07:28:35Z
dc.date.issued 2024-08-31
dc.identifier.citation Prodi Ilmu Pemerintahan en_US
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7375
dc.description.abstract Fajar Muhammad Sidik. 2025. Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis. Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Universitas Galuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis. Fokus kajian diarahkan pada sejauh mana pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan diketahui bahwa penelitian ini belum berjalan dengan optimal. Terdiri dari 14 indikator dari 5 dimensi yang dijadikan sebagai alat ukur penelitian ini, namun masih terdapat satu indikator yang belum berjalan optimal, seperti belum memadainya kenyamanan tempat melakukan pelayanan yang merupakan salah satu indikator dari dimensi tangibl. Adapaun hambatan hambatan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis yaitu bangunan/gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis yang kecil, sehingga tesedianya ruang tunggu yang sempit, kursi yang terbatas, tidak ada lahan parkir sehingga pemohon harus parkir di bahu jalan, panas, dan toilet laki laki perempuan tidak dipisah. Untuk mengatasi hambatan-hambatan yang timbul tersebut, berbagai upaya telah dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis yaitu telah berupaya melakukan renovasi gedung, mengoptimalkan lahan yang kecil untuk tetap menciptakan kenyamanan tempat melakukan layanan kepada masyarakat sebagai pengguna layanan Kata Kunci: Pelayanan Administrasi Kependudukan en_US
dc.description.sponsorship Irfan Nursetiawan, S.Pd., M.Si. R. Rindu Garvera, S.IP., M.Si. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik en_US
dc.subject PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN en_US
dc.title Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis en_US
dc.title.alternative pelayanan, administrasi, kependudukan en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account